Banner Static

Pelatihan Strategi IT Menghadapi Proses Spin Off UUS menjadi Bank Umum Syariah Tgl 19 - 20 Oktober di Hotel Pullman, Pantai Kute Bali.
Rincian Detail
Lokasi Hotel Pullman, Pantai Kute Bali.
Jadwal Kamis, 19 Oktober 2017 - 9:00 s/d Jumat, 20 Oktober 2017 - 16:00
Biaya Rp 4.500.000
Batas Peserta 25 Orang
Peserta yang Registrasi Online 0

Oleh PT Iqtishad Consulting

Peranan IT (information technology) dalam perbankan modern sudah jauh bergeser dari sekedar sistem pendukung menjadi sistem yang vital dan menentukan keberhasilan bisnis bank. Dari berbagai sudut pandang, baik customer, manajemen maupun manajemen risiko seluruh keberhasilannya sangat tergantung pada kualitas tatalaksana IT dalam bank tersebut.

Bisnis syariah yang selama ini bernaung dalam bentuk Unit Usaha Syariah (UUS) relatif tidak memikirkan aspek IT karena fasilitas dukungan IT menjadi tanggungjawab Bank Umum yang memiliki UUS tersebut.

Ketika terjadi proses spin off atau pemisahan UUS menjadi Badan Hukum baru yaitu Bank Umum Syariah, maka salah satu masalah kritis adalah memastikan bahwa BUS hasil spin off dapat memiliki kualitas IT yang lebih baik atau minimal setara dibandingkan dengan kondisi ketika masih berbentuk UUS, yaitu ketika IT masih dikelola oleh Bank Umum yang menaungi UUS. Selain itu proses migrasi data ketika spin off juga menjadi faktor fisiko yang cukup signifikan dari sisi IT.

Sehubungan dengan itu, masalah IT menjadi paling penting dalam proses spin off UUS menjadi Bank Umum Syariah. Untuk itu diperlukan sebuah Palatihan khusus terkait dengan IT bagi UUS yang ingin melakukan spin off  atau konversi. Iqtishad Consulting sebagai Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Perbankan Syariah akan menggelar Training Strategi IR dalam menghadapi Spin Off dan mrnawarkan inhouse training dan jsa konsultasi terkait penerapan IT tersebut.

Pelatihan penyusunan strategi IT untuk proses spin off merupakan suatu pelatihan yang bertujuan memberikan wawasan bagi manajemen UUS ataupun calon manajemen BUS hasil spin-off agar dapat memahami isu-isu strategis terkait IT ketika dilakukan proses spin off.

Materi dalam training

1. Internalisasi Nilai  dan Prinsip Syariah dalam IT

2. Tinjauan makro arsitektur IT

· Perangkat keras dan jaringan

· Perangkat lunak

· Sumber daya manusia dan regulasi

3. Konsekuensi proses spin off terhadap layanan IT

· Sudut pandang regulasi

· Praktik proses transisi IT di berbagai kasus spin off

· Sudut pandang pelayanan nasabah

4. Menyusun strategi migrasi IT dalam proses spin off

· Menentukan key performance indicator

· Menentukan wilayah aktivitas strategis

· Menyusun pilihan-pilihan pasca spin off dan mengatur periode transisi terkait IT

Pembicara /Narasumber :

1. Ismir Kamili. ST

2. Agustianto Mingka

Profil Ismir Kamili. ST

Berlatar belakang pendidikan Sarjana Teknik Informatika ITB (1993-1998) yang memilih berkecimpung di dunia IT perbankan syariah sejak tahun 2001. Mengawali rekam jejaknya sebagai konsultan berbagai sistem terkait akuntansi dan keuangan syariah seperti DPLK syariah di DPLK Muamalat, juga sistem-sistem lain di lingkungan Bank Muamalat Indonesia. Karirnya berlanjut hingga menjadi konsultan implementasi core banking system di bank-bank syariah seperti Bank Muamalat Indonesia (2008), Panin Dubai Syariah Bank (2012), dan BCA Syariah (2014). Selain itu juga menggeluti berbagai implementasi teknologi electronic banking, payment gateway, dan host-to-host. Termasuk di antaranya menjadi konsultan pelatihan dan pendamping migrasi kartu ATM/Debit ke NSICCS (standar teknologi kartu chip nasional) di tahun 2012 sampai sekarang.

Interaksinya yang luas dengan dunia perbankan syariah dan teknologi perbankan juga membawanya terlibat sebagai bagian dari pelaku industri perbankan syariah, yang mana yang bersangkutan menjadi anggota Komite Audit Bank BRISyariah sejak tahun 2011 sampai sekarang. Pengalamannya yang luas dan detil di dunia IT perbankan, khususnya perbankan syariah, sangat berharga untuk memberikan pertimbangan yang strategis namun praktis dan sejalan dengan logika bisnis bagi bank-bank / unit usaha syariah dalam memformulasikan kebutuhan, kebijakan ataupun desain arsitektur IT.

Profil Trainer 2 (Kernote Speaker)

Agustianto Mingka Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, Wakil Sekjen MES Pusat, Anggota Pleno DSN MUI, Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia, Dosen Program Islamic Economics and Finance Univ. Trisakti, Dosen Pascasarjana Univ.  Paramadina, Dosen Pascasarjana MAKSI UNPAD Bandung, Dosen Program S2 Magister Ekonomi Islam Universitas Az-Zahra. DPS di beberapa lembaga keuangan syariah seperti Indonesia Eximbank (LPEI), Asuransi Jasa Raharja Putra, SMS Finance dll. Pendidikan S1, S2 IAIN SU, S3 Program Doktor Ekonomi Islam UIN.Beliau Sudah mentraining sebanyak 228 Angkatan dan mentraining 109 Professor dan Doktor, baik Profesor ekonomi Islam, Guru Besar Fikih dan Hukum Islam, Guru Besar Ushul Fiqh serta Guru Besar Ilmu ekonomi dan akuntansi.

WAKTU DAN TEMPAT

Hari/Tanggal: 19 - 20/Kamis – Jumat

Waktu         : 08.00 - 17.00 WITA

Tempat       : Hotel Pullman, Pantai Kute Bali.

 

BIAYA/INVESTASI:

Rp. 4.500.000/org

Group Min 3 org: Rp. 4.000.000/org

(Tidak termasuk penginapan)

 

FASILITAS :

Modul Training, Makan Siang. Snack, Coffee Break, Ruang Klas ber-AC, CD Materi (softcopy materi, 109 fatwa DSN-MUI, kompilasi hukum ekonomi ekonomi syariah)  dan Sertifikat.

 

Peserta yang menjadi Pengurus atau anggota IAEI baik daerah maupun Pusat mendapat diskon 30 %

 

CP DAN TEMPAT PENDAFTARAN:

Sdr. Joko Wahyuhono

Hp : 082110206289 / 085716962518.

Hafiz : 081286237144 WA

Pasya : 082210845958

 

Email:  admin@iqtishadconsulting.com,  dimasjoko@gmail.com

Website: www.iqtishadconsulting.com

 

Note: Bukti sah menjadi peserta jika sudah mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti transfer.


Copyright © 2020 Iqtishad Consulting
Truly Partner for Sharia Innovative Product
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Perbankan dan Keuangan Syariah
All Right Reserved
IQTISHAD CONSULTING