Banner Static

Webinar Strategi Jitu Konversi & Spin OFF Bank Konvensional menjadi Bank Umum Syariah
Rincian Detail
Lokasi Via Zoom Cloud Meeting
Jadwal Senin, 1 Februari 2021 - 14:00 s/d Senin, 1 Februari 2021 - 16:00
Biaya -
Batas Peserta Tidak dibatasi.
Peserta yang Registrasi Online 2

Digelar oleh Iqtishad Consulting Jakarta(Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Perbankan Syariah)

====================

Dasar Pemikiran :

Saat ini perbincangan tentang problematika konversi Bank Umum konvensional menjadi Bank Umum Syariah menjadi sangat penting karena limit waktu yang ditetapkan Undang-Undang dan Regulator sudah semakin dekat. Bagi Bank Umum konvensional, konversi ke BUS atau spin off paling lama harus dilakukan tahun 2023.

Menurut POJK No 12/2020 Pasal 8 Bagi UUS yang ingin spin off dari Bank Induknya harus mempunyai Modal Inti Minimum Rp 1 triliun di awal pendirian dan minimum Rp 3 triliun paling lambat 31 Desember 2024. Bank BPD Konvensional sebagai induk UUS, harus memenuhi Modal Inti Minimum Rp 3 triliun paling lambat 31 Desember 2024

Terkait dengan Permodalan Bank, POJK No 12/2020 Pasal 8 Ayat (1) dan (2), menyatakan bahwa Bank wajib memenuhi Modal Inti minimum paling sedikit Rp3 Triliun paling lambat tahun 2022 bagi Bank Umum. Khusus BPD, wajib memenuhi Modal Inti minimum paling sedikit Rp3 Triliun tersebut paling lambat tanggal 31 Desember 2024.

Sehubungan dengan regulasi tersebut , maka Lembaga perbankan nasional yang memiliki Unit Usaha Syariah harus mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk pendirian Bank Umum Syariah baik berupa konversi kepada Bank Umum Syariah atau spin off dari Induknya.Namun, pilihan spin of lebih sulit diambil karena selain terkait masalah permodalan, juga akan menurunkan status buku bank syariah sehingga semakin sulit mengembangkan layanan dan produknya.

Oleh karena pilihan terbaik bagi bank BPD adalah konversi ke Bank Umum Syariah, dan sebagian sedang proses menuju konversi, sebagian sudah menetapkan Spin Off, sedangkan sebagian lagi masih proses kajian dan persetujuan semua stakeholders, maka Iqtishad Consulting memilih judul Webinar Strategi Jitu Konversi dan Spin Off Bank Konvensioanal menjadi Bank Umum Syariah.

Bagi bank BPD yang sedang melakukan proses konversi kepada BUS perlu menyiapkan strategi jitu yang dapat meningkatkan kinerja bank umum syariah tersebut pasca konversi dibanding kinerja sebelum konversi’. Bank Bank Umum lainnya yang akan mengambil langkah spin off spin off juga harus menyiapkan strategi Spin off yang sukses menuju Bank Syariah Baru.

Strategi jitu ini juga akan memuluskan dan melancarkan proses konversi atau Spin Off, seperti pembinaan SDM yang berkompeten, berkualitas dan profesional, pemasaran produk syariah yang efektif, IT yang handal, business planning yang profitable, manajemen risiko yang kuat, dan produk-produk yang inovatif sampai kepada peningkatan literasi dan edukasi kepada nasabah dan publik secara massif dan efektif.

Mewujudkan konversi yang sukses perlu pengalaman nyata dan teruji dari para pelaku spin off sendiri dan konsultan ahli yg berpengalaman. Inilah yang ditampilkan oleh Iqtishad Consulting sebagai lembaga konsultan senior di Indonesia.

PROFIL TRAINER:

Dr. Rizqullah, MBA

Keynote Speaker :

Associate Professor Agustianto Mingka MA.Presiden Direktur Iqtishad Consulting

Waktu Pelaksanaan :Hari / Tanggal : Senin, 1 Februari 2021Waktu : 14.00-16.00 WIBVia Zoom Cloud Meeting

Biaya / Investasi :

Bank : 350.000BPRS : 150.000BMT : 150.000Dosen : 100.000

Fasilitas :E-Sertifikat dan File Materi

Contact Person & Pendaftaran :

Agung Wibowo : 0857 8091 7715

Email : admin@iqtishadconsulting.cominstagram : @infowebinar_iqtishadjktWebsite: www.iqtishadconsulting.com

Note: Bukti sah menjadi peserta jika sudah mengirimkan formulir pendaftaran 


Copyright © 2021 Iqtishad Consulting
Truly Partner for Sharia Innovative Product
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Perbankan dan Keuangan Syariah
All Right Reserved
IQTISHAD CONSULTING