Banner Static

Webinar Kupas Tuntas Teori & Praktik Refinancing Syariah untuk Pembiayaan Mutiguna, Refinancing pada Usaha Mikro/BMT di Bank Syariah dan BMT
Rincian Detail
Lokasi Zoom Cloud Meeting
Jadwal Kamis, 6 Januari 2022 - 15:00 s/d Kamis, 6 Januari 2022 - 17:00
Biaya -
Batas Peserta 1000 Orang
Peserta yang Registrasi Online 0

Digelar oleh Iqtishad Consulting Jakarta(Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Perbankan Syariah)================================================

Dasar Pemikiran :

Produk Perbankan dan keuangan syariah (BMT dan Koperasi Syariah) harus dirancang dengan tepat sesuai syariah untuk usaha mikro dan kecil serta pembiayaan konsumtif. Salah satu produk yang sangat penting adalah pembiayaan dgn Refinancing utk produk multiguna, dan konsumtif.

Selama ini masih banyak kesalahan skema dan akad pembiayaan untuk usaha mikro, karena melulu menetapkan murabahah, padahal sering kali penerapan murabahah dilarang karena mengandung akad terlarang yakni bay’ al’inah.

Fatwa fatwa dan ilmu syariah terus berkembang sehingga tidak berkutat di akad murabahah saja. Sejumlah inovasi produk perbankan dan lembaga keuangan bermunculan sebagai tuntutan bisnis yang selalu berubah dan berkembang.

Salah satu skema yang dikembangkan saat ini adalah refinancing syariah. Pembiayaan refinancing adalah satu jenis pembiayaan yang banyak dipraktekkan di perbankan syariah dan Lembaga Keuangan Syariah. Hal ini disebabkan karena kebutuhan masyarakat akan pembiayaan UKM dan multiguna senantiasa  tumbuh dan berkembang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan kegiatan bisnis. Refinancing adalah salah satu produk yang perlu dikembangkan perbankan syariah dan LKS..

Pembahasan materi refinancing dalam training ini karena materi ini tergolong baru di Indonesia dan seringkali pembiayaan ini digabungkan dengan take over. DSN MUI juga sudah mengeluarkan ketentuan (fatwa) syariah tentang refinancing, melalui fatwa No 89/2014. OJK juga sudah menerbitkan buku kodifikasi produk yg memuat refinancing. Setidaknya terdapat tujuh model refinancing yang perlu dipahami dan dikembangkan oleh bank-bank syariah, dan dipahami oleh dosen pascasarjana, notaries dan praktisi hukum, bahkan DPS. (Dewan Pengawas Syariah).

Training ini tidak saja membahas praktik refinancing, tetapi teori, analisis ilmu ekonomi dan ketentuan-ketentuan (dhawabith) refinancing syariah. Dengan memahami 7 model refinancing, maka bank-bank syariah akan semakin kaya produk dan inovatif. Perbankan syariah harus selalu memperkaya produk-produknya agar bisa semakin berkembang sejalan dengan tuntutan bisnis dan kebutuhan masyarakat umum. Sumber Daya Insani perbankan syariah,  dan SDI  LKS seperti Multifinance Syariah dan BMT,perlu mengetahui teori, praktik dan isu-isu terbaru terkait take over dan refinancing syariah.

Demikian pula Dosen-dosen pascasarjana ekonomi islam, konsultan, Dewan Pengawas,  bahkan para Guru Besar, harus selalu mengupdate dan mengupgrade materi kuliahnya dan silabusnya dengan ilmu-ilmu terbaru dan segar, teori-teori dan praktik baru yang selalu berkembang dan memiliki proyeksi masa depan untuk pengembangan produk industry keuangan syariah.

Notaris, pengacara/law firm, auditor,  dan DPS juga sangat perlu meng-upgrade dan meng-update pengetahuannya dan meningkatkan kompetensinya mengenai take over dan refinancing ini,  perkembangan terkini, isu-isu terbaru, teori dan praktik terbaru mengenai segala bentuk dan problematika pembiayaan take over dan refinancing.

Sehubungan dengan itu maka Iqtishad Consulting sebagai lembaga Pendidikan dan Pelatihan Keuangan syariah, akan kembali  menggelar Webinar Eksekutif ttg Refinancing Syariah dan Pembiayaan Multiguna untuk UKM Syariah .

Materi Pembahasan:

  1. Definisi  Pembiayaan refinancing syariah :
  2. Lima macam refinancing syariah,
  3. Tiga Tujuan Pembiayaan Refinancing : multi guna, investasi dan modal kerja.
  4. Tiga Desain akad refinancing,
  5. Fatwa MUI tentang refinancing syariah
  6. Isu – isu penting refinancing syariah
  7. Isu agunan dan roya pasang.
  8. Akutansi refinancing Syariah,
  9. Larangan Bay’ al ‘inah dan Hadits-Hadits Nabi Saw

Siapa yang perlu Ikut Workshop ini :

  • Praktisi perbankan syariah dan BPR Syariah.
  • Praktisi Lembaga Keuangan Syariah seperti Multifinance dan Penjaminan Syariah (Jamkrindo dan Askrindo).
  • Notaris dan  pengacara (law firm).
  • Al-Mudaqqiq Al-Khariji (Auditor Eksternal).
  • Praktisi BMT dan Koperasi Syariah.
  • Dosen, Ketua Prodi Ekonomi Syariah, Dekan FEBI dan Guru Besar.
  • Legal Officer Bank Syariah, Risk Management dan Product Development.
  • Dewan Pengawas Syariah Bank Syariah dan LKS.
  • Hakim Syariah Pengadilan Agama dan PTA.

Profil Narasumber :Agustianto Mingka adalah Presiden Direktur Iqtishad Consulting, Ketua Bidang DPP IAEI Pusat, Wakil Sekjen MES 2 Periode 2012-2018, Anggota Pleno Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dosen Pascasarjana PSTTI Universitas Indonesia, Dosen Pascasarjana IEF Trisakti , Dosen Pascasarjana Universitas Paramadina Pascasarjana IAIN, Pascasarjana Ekonomi Islam UI Az-Zahra, Wakil Sekjen MES Pusat, DPS di beberapa Lembaga Keuangan UUS BUMN dan Swasta Super Trainer Indonesia 800 Angkatan lebih.

Waktu Pelaksanaan :Hari / Tanggal: 6 Januari 2021Waktu: 15.00 – 17.00 WIBPlatform: Via Zoom Cloud Meeting

Biaya & Investasi :Bank Rp.300.000,-/ pesertaBPRS Rp.200.000,-/ pesertaBMT Rp.150.000,-/ pesertaNotaris Rp.150.000,-/ pesertaDosen Rp.100.000,-/ peserta

Benefit :1. E-Sertifikat2. Soft Copy Materi3. Ilmu yang bermanfaat

Contact Person & Pendaftaran :

Agung 085780917715

Admin 1: 0811-9700-8080

Admin 2: 0819-34-16-1717

Admin 3: 08111-3-3030-5  

Silahkan dishare ke Relasi Sekalianwww.iqtishadconsulting.comwww.instagram.com/infowebinar_iqtishadjkt

Catatan:1. Bukti sah menjadi peserta setelah mengirimkan formulir pendaftaran dan Bukti Tf2. Peserta yang belum pernah webinar dengan aplikasi zoom akan dipandu menggunakan zoom 


Copyright © 2022 Iqtishad Consulting
Truly Partner for Sharia Innovative Product
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Perbankan dan Keuangan Syariah
All Right Reserved
IQTISHAD CONSULTING