Banner Static

Training dan Workshop Restrukturisasi Pembiayaan Bank Syariah  Angkatan (5 - 6 Desember 2018 di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta Pusat).
Rincian Detail
Lokasi Hotel Sofyan Betawi, Jakarta Pusat.
Jadwal Rabu, 5 September 2018 - 9:00 s/d Kamis, 6 September 2018 - 16:00
Biaya Rp 3.500.000
Batas Peserta 30 Orang
Peserta yang Registrasi Online 0

Dasar Pemikiran

Perbankan syariah selalu menghadapi masalah NPF (Non Performing Financing) yang cendrung tinggi . Menurut data Statistik Perbankan Syariah OJK, Oktober 2017, rasio pembiayaan bermasalah atau non performing financing (NPF) gross bank syariah sempat mencapai 4,91%, sebuah angka yang berada pada titik rasio yang sangat riskan, karena angka itu sudah mendekati batas maksimal rasio kredit macet yang ditentukan regulasi sebesar 5 %.

Karena itu, bank-bank syariah harus menyiapkan strategi bisnis jitu  agar tidak terjerembab dalam pembiayaan bermasalah yg mengakibatkan semakin buruknya kualitas asset bank syariah dan tergerusnya laba bank syariah secara signifikan.

Bank-bank syariah harus mencermati pembiayaan dengan kategori special mention dan restructuring scheme yang perlu mendapat penanganan yang tepat.

Bank-bank syariah seharusnya  bisa menghindari tingginya NPF (Non Performing Financing) dalam kinerja keuangannya. sehingga laba yang diraih tidak terganggu dan di sisi lain citra bank syariah menjadi baik dan positif di mata seluruh masyarakat dan regulator.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi pembiayaan bermasalah dan NPF yang tinggi adalah dengan melakukan restrukturisasi pembiayaan, yaitu dengan melakukan penanganan pembiayaan bermasalah melalui resecheduling, reconditioning, dan restructuring.

Restrukturisasi pembiayaan adalah sebuah langkah dan  strategi  penyelamatan pembiayaan sebagai upaya bank dalam memperbaiki posisi  pembiayaan dan keadaan keuangan perusahaan nasabah dengan jalan  mendudukkan kembali pembiayaan tersebut yang dilakukan antara lain  melalui tiga hal di atas (rescheduling, reconditioning dan restructuring)

SDI (Sumber Daya Insani) perbankan syariah harus memiliki keahlian dan kompetensi yang baik mengenai manajemen dan starategi restrukturisasi pembiayaan bank syariah, agar bank syariah dapat terhindar dari kerugian financial dan nasabah dapat pulih kondisi keuangannya.

Bank-bank syariah harus segera mengatasi pembiayaan bermasalah karena rasionya sudah mendekati angka yang gawat. Mengingat  pembiayaan macet itu ibarat penyakit di tubuh bank, maka perlu penanganan cepat (prompt action) , jika jumlah pembiayaan bermasalah berada pada tingkatan yang riskan.

 Prinsip prompt action ini penting sekali agar keadaan pembiayaan macet yang ada di bank syariah  tidak semakin buruk keadaannya.

Notaris juga perlu memahami akad akadnya dengan baik, bagaimana adentum akad murabahah, rescheduling dan konversi akad.

Bagaimana resiko konversi akad, dan apakah dilakukan royal pasang lagi.

Selanjutnya notaris harus memahami bagaimana restrukturisasi akad Musyarakah mutanaqishah,ijarah dan IMBT, Mudharabah dan Musyarakah biasa dan bagaimana masalah royanya.

Untuk itulah Iqtishad Consulting menggelar acara Workshop Restrukturisasi Pembiayaan Syariah, angkatan yang ke- 294 di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta Pusat. Pesertanya diharapkan adalah bank bank syariah nasional, Bank-bank BPD dan Bank BPRS.

Dalam workshop ini, para peserta juga akan diberikan ilmu preventif untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah dan pengetahuan mengenai early warning system dalam pembiayaan bermasalah.

Pengetahuan tentang restrukturisasi pembiayaan secara syariah ini tidak saja perlu untuk para bankir syariah, tetapi juga untuk lembaga pembiayaan lain, seperti Perusahaan Pembiayaan dan multifinance, BMT, KJKS, dan Modal Ventura, bahkan Pegadaian Syariah. Para notaris,  dosen keuangan syariah (perbankan syariah), praktisi hukum, DPS (Dewan Pengawas Syariah) juga perlu memahami konsep dan manejemen syariah tentang restrukturisasi pembiayaan syariah.

Topik training ini dipilih dan diutamakan di awal tahun 2018 ini, selain untuk penanganan cepat atas pembiayaan bermasalah di bank bank syariah juga karena meresponi keinginan  pihak OJK yang  sudah memberikan perhatian dan peringatan  kepada bank bank syariah agar di tahun 2018 bank-bank syariah lebih hati-hati dalam penyaluran pembiayaannya.

Untuk itulah Iqtishad Consulting menggelar acara Workshop Restrukturisasi Pembiayaan Syariah

Portofolio Iqtishad Consulting:

Iqtishad Consulting sudah menggelar training dan workshop perbankan syariah, inovasi produk perbankan syariah, fikih muamalah perbankan dan ushul fikih sebanyak 295 angkatan dengan jumlah alumni 7.100 orang. Lebih dari 109 orang Guru Besar (Professor), Doktor syariah dan ekonomi sudah mengikuti training dan workshop yang digelar Iqtishad.

Siapa yang perlu ikut acara ini ?

Acara Training dan Workshop ini memang diutamakan bagi Direktur Bank Umum Syariah, Direktur bisnis bank-bank BPD, pemimpin divisi UUS, bankir-bankir syariah, Dewan Pengawas Syariah, Lembaga pembiayaan dan Multifinance, Lembaga penjaminan pembiayaan, Hakim, Pengacara, Dosen-dosen ekonomi syariah baik di Program Pascasarjana maupun Dosen S1. Bahkan terbuka untuk Notaris dan praktisi hukum pada umumnya.

Profil Trainer:

Hadi Purnomo adalah Direktur Bisnis Bank Panin Syariah (2013-2015), Presiden Direktur Spin Consulting, saat ini aktif sebagai pengajar pada beberapa Perguruan Tinggi, Senior Trainer serta Eksekutif Coach.

Agustianto Mingka adalah Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, Wakil Sekjen MES Pusat, Anggota Pleno DSN MUI, Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia, Dosen Program Islamic Economics and Finance Univ. Trisakti, Dosen Pascasarjana Univ.  Paramadina, Dosen Pascasarjana MAKSI UNPAD Bandung, Dosen Program S2 Magister Ekonomi Islam Universitas Az-Zahra. DPS di beberapa lembaga keuangan syariah seperti Indonesia Eximbank (LPEI), Asuransi Jasa Raharja Putra, SMS Finance dll. Pendidikan S1, S2 IAIN SU, S3 Program Doktor Ekonomi Islam UIN.

Ir. Edy Tri Sujarwadi, MBA adalah Praktisi Perbankan Syariah, Bidang Pembiayaan sejak 1997, saat ini menjabat sebagai Vice President sebuah Bank Umum Syariah.

WAKTU DAN TEMPAT

Hari/ Tanggal  : 5 - 6 Desember 2018

Waktu    : 09.00 - 16.00 WIB

Tempat.   : Hotel Sofyan Betawi, Jakarta Pusat

BIAYA/INVESTASI:

Rp. 3.500.000/org

Group Min 3 org: Rp. 3.200.000/org

Group Min 5 org : Rp. 3.000.000/org

(Tidak termasuk penginapan)

FASILITAS :

Modul Training, Makan berbuka puasa, Ruang kelas ber AC, Materi (softcopy materi, 116 fatwa DSN-MUI, kompilasi hukum ekonomi ekonomi syariah)  dan Sertifikat.

CP DAN TEMPAT PENDAFTARAN:

Sdr. Joko Wahyuhono

Hp : 082110206289 / 085716962518.

Sdr. Hafiz 

Hp. 081286237144 Wa

Sdri. Nazla Ahabbi

Hp : 0813 6177 3383 (WA/Telp)

Email: admin@iqtishadconsulting.com

Website : www.iqtishadconsulting.com 

Note: Bukti sah menjadi peserta jika sudah mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti transfer. 


Copyright © 2018 Iqtishad Consulting
Truly Partner for Sharia Innovative Product
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Perbankan dan Keuangan Syariah
All Right Reserved
IQTISHAD CONSULTING