Banner Static

Pelatihan dan Workshop Nasional Notaris Perbankan Syariah tentang Aspek Legal dan Pembuatan Kontrak Perjanjian Produk Perbankan Syariah Angkatan ke - 397 Tgl 13 - 14 Juli 2019 di Hotel Arjuna, Yogyakarta.
Rincian Detail
Lokasi Hotel Arjuna, Yogyakarta
Jadwal Sabtu, 13 Juli 2019 - 9:00 s/d Minggu, 14 Juli 2019 - 16:00
Biaya Rp 2.500.000
Batas Peserta 35 Orang
Peserta yang Registrasi Online 1

Digelar oleh Iqtishad Consulting Jakarta

(Lembaga Pendidikan dan Pelatihan keuangan Perbankan Syariah)

Dasar Pemikiran

Notaris menduduki posisi yang sangat penting dalam industri perbankan syariah, karena notaris berperan dalam pembuatan akta-akta kontrak-kontrak produk perbankan syariah dan pengikatan jaminan (khususnya HT dan Fiducia). 

Perkembangan perbankan dan keuangan syariah yang  bergerak dengan cepat yang assetnya kini sudah Rp 331 triliun membutuhkan para notaris yang berkompeten membuat akta syariah dan pengikatan jaminannya. Asset Industri Keuangan Non Bank syariah lebih dari Rp 86 triliun. Tegasnya perbankan syariah  di Indonesia membutuhkan notaris yang memahami  dengan baik konsep – konsep syariah dan penerapannya di praktek perbankan. 

Kontrak-kontrak produk-produk perbankan  syariah  berbasis syariah compliance harus dipahami oleh notaris perbankan syariah, seperti perjanjian murabahah, musyarakah, mudharabah, ijarah, ijarah muntahiyah bit tamlik (IMBT), Musyarakah Mutanaqishah, pembiayaan take over syariah, refinancing syariah, masalah jaminan syariah, dan anatomi akta-akta syariah.

Keharusan notaris memiliki kompetensi pembuatan perjanjian-perjanjian syariah, adalah hasil Rekomendasi  Annual Meeting Dewan Syariah Nasional  MUI, Desember 2014 di Jakarta.

Untuk itulah  diperlukan  Training dan Workshop  Aspek legal dan kontrak-kontrak produk perbankan syariah khusus bagi notaris. Dalam rangka itulah Iqtishad Consulting menggelar Pelatihan dan Workshop Aspek legal Perbankan syariah dan Kontrak-Kontrak Pembiayaan bank syariah Angkatan ke 397.

 Iqtishad Consulting Jakarta sudah mengelar Training sebanyak 344 Angkatan, termasuk memberi sertifikat  (mentraining) 4.000 notaris yang tersebar di seluruh Indonesia. Sertifikat Pelatihan  Iqtishad Consulting Jakarta, sangat diakui oleh semua Industri perbankan syariah di Indonesia, termasuk sertifikat ulang (penyegaran dan upgrading) bagi notaris yang sudah tiga tahun tidak mengikuti training bank syariah.

Pengakuan ini sangat logis karena para petinggi dan praktisi perbankan syariah sendiri ditraining oleh Iqtishad Consulting Jakarta. Pengurus inti dan Narasumber Iqtishad Consulting adalah pakar-pakar yang sangat berkompeten di bidang legal perbankan syariah.Mereka juga adalah figur-figur penting yang menduduki posisi strategis di organisasi-organisasi nasional dan assosiasi ekonomi syariah nomor wahid di Indoensia.

Pelatihan ini  akan memberikan  pemahaman dan pengetahuan  aplikatif tentang pembuatan kontrak-kontrak produk perbankan syariah kontemporer berdasarkan fatwa DSN-MUI. 

Materi Pembahasan :

1.Overview Perbankan  Syariah

2.Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

3.Produk –produk Pembiayaan (Financing) Bank Syariah

4.Prinsip – prinsip perjanjian /  akad syariah

5.Kontrak pembiayaan murabahah

6.Kontrak Pembiayaan Musyarakah Mutanaqishah

7.Kontrak Pembiayaan hiwalah dan Take Over

8.Hukum – hukum jaminan menurut syariah

9.Kontrak pembiayaan Ijarah dan IMBT

10.Kontrak pembiayaan Musyarakah dan mudharabah

11.Teknik Pembuatan Akta dan  Anatomi Akta Notaris di Perbankan Syariah

Penyelenggara

Iqtishad Consulting Jakarta

Profil Trainer

Agustianto Mingka adalah Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, Wakil Ketua Bid. Pengembangan Organisasi MES Pusat, Anggota Pleno DSN MUI, Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia, Dosen Program Doktor Islamic Economics and Finance Univ. Trisakti, Dosen Pascasarjana Univ.  Paramadina, Dosen Pascasarjana MAKSI UNPAD Bandung, Dosen Program S2 Magister Ekonomi Islam Universitas Az-Zahra. DPS di beberapa lembaga keuangan syariah seperti Indonesia Eximbank (LPEI), Asuransi Jasa Raharja Putra, SMS Finance dll. Pendidikan S1, S2 IAIN SU, S3 Program Doktor Ekonomi Islam UIN.

Joko Wahyuhono, SEI.,MM adalah Direktur Iqtishad Consulting, Sekretaris Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Wakil Sekjen Amprosindo (Asosiasi Masyarakat Properti Syariah Indonesia).

WAKTU DAN TEMPAT

Hari / Tanggal     : Sabtu - minggu / 13 - 14 Juli 2019

Waktu  : 09.00 - 16.00 WIB

Tempat   : Hotel Arjuna, Yogyakarta 

 INVESTASI

1f4ccBiaya : Rp 2.500.000 / peserta

1f4ccGroup minimal 3 orang Rp 2.300.000 / peserta

1f4ccGroup minimal 5 orang Rp 2.100.000 / peserta

1f4ccGroup minimal 10 orang Rp 1.800.000 /peserta

   Fasilitas:

Modul training, makan siang, 2 x coffee break, hotspot, ruang Klas ber-AC, materi (122 fatwa DSN-MUI) dan dapat sertifikat dari Iqtishad Consulting sebagai syarat untuk rekanan dengan bank syariah.

CP dan Pendaftaran :

Sdra.Hafiz : 0812 8623 7144 

Sdri. Fizoh : 0812 8623 7173 

Email: admin@iqtishadconsulting.com,

Note: Bukti sah menjadi peserta jika sudah mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti transfer. 


Copyright © 2019 Iqtishad Consulting
Truly Partner for Sharia Innovative Product
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Perbankan dan Keuangan Syariah
All Right Reserved
IQTISHAD CONSULTING